Selasa, 26 Februari 2013

AYAT - AYAT AL - QUR'AN TENTANG KEUTAMAAN PARA SAHABAT RASULULLOH SAW

AYAT - AYAT AL - QUR'AN  TENTANG  KEUTAMAAN  PARA  SAHABAT  RASULULLOH  SAW


BISMIL LAAHIR RAHMAANIR RAHIIM

ALLOH SWT berfirman : "Sesungguhnya ALLOH SWT telah menerima taubat Rasulullah SAW , Muhajirin dan Anshar yang mengikuti Rasulullah SAW dalam masa kesulitan , setelah hati segolongan mereka hampir berpaling , kemudian ALLOH SWT menerima taubat mereka sesungguhnya ALLOH SWT Maha Pengasih lagi Maha Penyayang . Dan ( juga ) ALLOH SWT telah menerima taubat dari tiga orang yang telah ditangguhkan penerimaan taubat mereka itu , sehingga Bumi menjadi sempit bagi mereka , dan walaupun sebenarnya Bumi itu sangat luas dan jiwa merekapun telah terasa sempit oleh mereka , serta mereka telah mengetahui bahwa tak ada tempat lari dari siksa ALLOH SWT , kecuali kepada-NYA juga untuk minta pertolongan , kemudian ALLOH SWT menerima taubat mereka agar mereka tetao dalam taubatnya , sesungguhnya ALLOH SWT Maha Penerima Taubat Lagi Maha Penyayang." ( Qur'an : AT - TAUBAT : 117 - 118 ).

ALLOH SWT berfirman : "Dan sesungguhnya ALLOH SWT itu Ridho terhadap orang yang beriman , ketika mereka sedang berjanji ( berbaiat ) kepada Engkau ( Muhammad ) dibawah pohon dan ALLOH SWT mengetahui isi hati mereka , maka diturunkannya kepada mereka (ketenangan) dan kemenangan yang sudah dekat sekali . Dan mereka juga memperoleh keuntungan yang banyak . Dan ALLOH SWT itu Maha Kuasa Lag Maha Bijaksana."  ( Qur'an : AL - FATH : 18 - 19 ).

ALLOH SWT berfirman : "Orang - Orang yang terdahulu lagi yang pertama - tama (masuk islam) diantara Muhajirin dan Anshar dan yang mengikuti ALLOH SWT . ALLOH SWT menyediakan bagi mereka Sorga yang mengalir sungai - sungai didalamnya dan mereka kekal didalamnya selama - selamanya . Itulah Kemenangan yang Besar ." ( Qur'an : AT - TAUBAT : 100 ). 

ALLOH SWT berfirman : "( Itu adalah ) Untuk fakir miskin Muhajirin yang diusir dari kampung halamannya dan dari harta bendanya , sedangkan mereka itu adalah orang yang selalu mengharapkan karunia dari ALLOH SWT beserta keridhoan-NYA dan mereka itu membantu (Agama) ALLOH SWT dan Rasul-NYA dan mereka itulah orang yang benar . Dan Orang yang terdahulu dari mereka bertempat tinggal dalam kampung ( Madinah ) serta beriman dan mereka (Kaum Anshar) itu mencintai orang yang berhijrah kepada mereka , dan mereka itu tidak mengharapkan suatu balasan terhadap apa yang telah mereka berikan kepada orang Muhajirin itu , bahkan mereka itu lebih mengutamakan kepada kepentingan ( Orang Muhajirin ) itu dari pada kepentingan  diri mereka  sendiri , walaupun mereka sendiri dalam kemelaratan , dan siapa yang terpelihara jiwa dari kekikiran , mereka itulah orang yang beruntung ." ( Qur'an : AL - HASYR : 8 - 9 ) 

ALLOH SWT berfirman : "ALLOH SWT itu telah menurunkan perkatan-NYA yang sebaik baiknya , yaitu Kitab AL Qur'an yang isinya itu serupa dan berulang ulang ( bila dibacakan ) dapat menggetarkan Hati Orang yang takut kepada ALLOH SWT , kemudian badan dan hati mereka itu menjadi lunak untuk dapat mengikuti ALLOH SWT , itulah petunjuk ALLOH SWT yang diberikan kepada siapa yang dikehendaki-NYA , maka dari itu siapa yang dibiarkan oleh ALLOH SWT maka bagi seorang hamba tidak ada yang membantunya." ( Qur'an : AZ - ZUMAR : 23 )

ALLOH SWT beerfirman : " Sesungguhnya orang yang beriman kepada ayat Kami itu , ialah mereka yang apa bila dibacakan ayat itu kepada mereka , mereka terus Bersujud serta bertasbih kepada ALLOH SWT lantas mereka tidak sombong . Mereka meninggalkan tempat tidurnya dan berdo'a dengan perasaan yang penuh dengan ketakutan dan pengharapan ,mereka membelanjakan di jalan kebaikan sebagian rizqi yang Kami berikan , maka bagi mereka itu disediakan pembalasan yang amat menyenangkan hati mereka dari apa yang masih belum diketahui oleh siapapun juga . Itulah pembalasan baik dari apa yang mereka kerjakan ."     (Qur'an : AS - SAJADAH : 15 - 17 ) .

ALLOH SWT berfirman : " Tetapi apa yang ada disisi ALLOH SWT  lebih baik dan lebih kekal untuk mereka yang beriman dan bertawakkal kepada ALLOH SWT . Yaitu mereka yang menjauhi dosa yang besar dan perbuatan keji dan apa bila mereka marah suka memberi maaf . Dan mereka yang menyambut panggilan ALLOH SWT ( untuk beriman ) lagi pula mereka menegakkan Sholat , dan segala urusan mereka lakukan dengan jalan musyawarah di antara sesama mereka , dan mereka menafkakan dari apa yang Kami Rizqikan kepada mereka , dan apa bila mereka diperlakukan dengan dholim , mereka itu dapat mempertahankan diri dan mereka Menang ."         ( Qur'an : AS - SYURA : 36 - 39 ).

ALLOH SWT berfirman : "Diantara orang yang beriman itu ada beberapa orang yang telah menepati apa yang telah dijanjikan kepada ALLOH SWT , dan dianatar mereka itu telah ada yang Mati Syahid , dan ada pula yang sedang menunggu gilirannya , dan mereka itu tidak sedikit pun berubah hatinya ."  (Qur'an : AL - AHZAB : 23 ) .

ALLOH SWT berfirman : "Apakah orang orang yang patuh menjalankan kewajibannya selama beberapa waktu di Malam Hari dengan bersujud dan berdiri ( bersholat ) serta takut pada Hari Akhirat dan berharap pada Rahmat ALLOH SWT . Dan apakah sama orang orang yang mengetahui dengan orang orang yang tidak mengetahui ? . Sebenarnya hanya orang orang yang berakal sehat yang dapat menerima pelajaran ."  ( Qur'an : AZ - ZUMAR : 9 ). 



Tidak ada komentar: